Kamis, 04 November 2010

modul 3

tugas individu modul 3
sebutkan dan jelaskan macam-macam konektor koneksi database ke Delphi

Macam-macam Konektor Koneksi Database ke Delphi, antara lain :
1.       ADO (ActiveX Data Objek)
Untuk mengakses database dalam MS Acces, mulai Delphi 5 telah menyediakan komponen ADO yang akan memudahkan dalam mengelola database yang akan dibangun. Dengan ADO pada Delphi distribusi program hanya membutuhkan file exe dan database-nya (*.mdb) saja.
ADO merupakan komponen yang dapat anda gunakan untuk berinteraksi dengan penyimpan data, dengan menggunakan ADO anda dapat memanipulasi data yang terdapat pada database.
Dengan menggunakan ADO, memungkinkan anda mengganti database tanpa harus mengubah script yang telah dibuat. ADO memiliki beberapa objek sebagai berikut :
  1. Connection
  2. Command
  3. Recordset
  4. Record
  5. Stream
Dalam bagan sebagai berikut :








                                                                                                                                                               

http://yupocom.com/asp82.php
2.       BDE (Borland Database Engine)
Pemrograman database pada Delphi memerlukan suatu mesin (engine) database yang dinamakan dengan Borland Database Engine (BDE). Melalui BDE kita dapat mengakses table database tanpa harus tahu format database yang sedang kita akses.
Ada sebuah utilitas yang digunakan untuk mengkonfigurasi BDE, yaitu BDE Administator. Untuk menjalankan BDE, kita bisa memilihnya melalui grup Delphi pada Start Menu atau melalui Control Panel.

3.       DBExpress
dbExpress merupakan sekumpulan database ringan yang menyediakan konektivitas akses cepat ke database server SQL untuk Windows, .NET, dan Linux (menggunakan Kylix). Untuk setiap database yang didukung, dbExpress menyediakan driver yang disesuaikan dengan perangkat lunak server khusus untuk satu set interface dbExpress yang seragam.
Komponen-komponen dbExpress:
1. SQLConnection
    mendefinisikan atau mengenkapsulasi koneksi dbExpress ke database server.
                SQLConnection merupakan komponen dimana konektivitas database didefinisikan.
2. SQLDataSet
Komponen SQLDataSet adalah komponen yang digunakan untuk mengakses informasi           yang  terdapat dalam database dengan menggunakan dbExpress.
3. SQLQuery
Komponen SQLQuery adalah bentuk khusus dari SQLDataSet. Komponen SQLQuery hanya  melayani bentuk query, sedangkan SQLDataSet dapat digunakan untuk yang lain (dalam bentuk tabel dan prosedur tersimpan)
4. SQLStoredProc
mengeksekusi prosedur yang tersimpan yang didefinisikan pada server database. Jika terdapat hasil,  maka berupa unidirectional.
5. SQLTable
menyediakan akses unidirectional ke tabel database dan mewakili semua baris dan kolom dari suatu tabel database
6. SQLMonitor
digunakan untuk menangkap dan menampilkan pesan antara SQLConnection dan database dan menyimpannya ke dalam data string
7. SimpleDataSet
menggabungkan SQLDataSet dan DataSetProvider internal dalam komponen tersebut  untuk mendukung cache data di memori.

4.      ODBC
ODBC merupakan singkatan dari Open database Connectivity yaitu merupakan suatu standart yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengakses database agar lebih mudah dengan fungsi yang bersifat umum. Tentu saja untuk mengakses database pada PHP tidak lagi menggunakan cara-cara seperti pada MS Acces, VBasic ataupun Delphi yang dengan menggunakan komponen tertentu. Untuk mengakses database pada PHP diperlukan perintah SQL (Structured Query Language). Pada program berbasis Windows sumber data ODBC dapat diakses pada program melalui DSN (Data Source Name).

ODBC dapat mengakses database apa saja apabila driver database tersebut sudah diinstall.

Meskipun demikian teorinya, masih banyak developer yang mengunakan interface lain seperti OLE DB dari Microsoft. ada 3 alasan utama yang menyebabkan developer enggan menggunakan ODBC, yaitu :

- Terbatas
ODBC biasanya mendefinisikan interface saat ODBC driver dikeluarkan. Sehingga apabila muncul fitur baru, ODBC tersebut tidak akan bisa digunakan untuk mengaksesnya.

- Lambat
Dengan interface yang rumit sekali tentunya akan lebih susah untuk mengoptimalkan suatu aplikasi pada platform tertentu. Developer lebih banyak menemui kesulitan saat ingin mengoptimalkan aplikasi mereka. Vendor database tertentu menawarkan solusi mereka sendiri untuk mengoptimalkan penggunaan database mereka.

- Kemungkinan sulit untuk digunakan
Low level fungsi API ODBC jelas menyulitkan developer, baik untuk menggunakan maupun untuk mempelajarinya.

5.      Zeos
Zeos merupakan component yang berfungsi untuk menghubungkan Delphi dengan database mySQL, DB2, Oracle, PostgreSQL dan Interbase. Component ini mendukung Delphi 3 hingga Delphi 6. Zeos Component sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu Zeos Access sebagai penghubung database dan Zeos Control sebagai komponen tambahan.
 referensi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar